Selamat datang diblog kami, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencari suatu informasi

Jumat, 07 Oktober 2011

PKN

Pancasila sebagai ideology terbuka
1.     Pengertian ideologi
Berasal dari bahasa edios yaitu bahasa yunani artinya pengerian, ide, gagasan. Kata logi yaitu logos, bersal dari bahasa yunani yang artinya ilmu atau ajaran. Jadi ideology adalah ilmu tentang ajaran atau ilmu tentang ide disebut juga sience of ideas (menurut herusantoso).

Menurut Elli M.Setiadi
Ideology secara umum adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang besifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang politik, hukum, pertahanan keamanan, social, kebudayaan dan keagamaan


·        Pengertian ideologi menurut :

-    Laboraturium IKIP Malang
Adalah seperangkat nilai, ide, cita cita serta pedoman dan metode melaksanakan atau mewujudkannya.

-         Kamus Ilmiah Populer
Adalah cita cita yang merupakan dasar salah satu system politik dan kepercayaan.

-         Moerdino
Adalah komplek pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang untuk memahami jagat raya, bum dan seisinya serta menentukan sikap untuk mengolahnya.

-         Encyelopedia Internasional
Adalah system gagasan, keyakinan dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok kelas atau masyarakat tertentu.

-         Dr.Alfian
Adalah suatu pandangan atau system nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai kehidupan.
2.     Pancasila sebagai ideology terbuka

     Sebagai ideology pencasila menjadi pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan aktivitas disegala bidang kehidupan sehingga sifatnya harus terbuka, luwes, fleksibel, tidak tertutup, tidak kaku.
    
     Pancasila sebagai ideolaogi terbuka yaitu pancasila merupakan ideolgi yang mampu menyesuaikan diri sengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai nilai dasarnya.

     Pancasila sebagai ideology terbuka mengandung makna bahwa nilai nilai pancasila itu dapat dikembangkan sesui dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dean tuntutan perkembangan zaman

     Pancasila sebagai ideolgi terbuka memberikan orientasi kedepan dan mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan yang akan di hadapi, terutama menghadapi globalisasi dan eraketerbukaan dunia dalam segala bidang

















0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites